Tiga Musim, Tiga Final untuk Sevilla

0
204

Dalam beberapa musim terakhir, Sevilla adalah raja-nya Liga Europa. Mereka punya kans untuk mempertahankan status itu setelah sekali lagi lolos ke final.

Sevilla melaju ke final Liga Europa 2015/2016 usai menyingkirkan Shakhtar Donetsk. Pada leg pertama yang berlangsung di Lviv pekan lalu, Sevilla dan Shakhtar bermain imbang 2-2. Pada leg kedua, di Stadion Ramon Sanchez Pizjuan, Jumat (6/5/2016) dini hari WIB, Sevilla menang 3-1 atas Shakhtar.

Sevilla unggul 1-0 ketika laga baru berjalan sembilan menit lewat Kevin Gameiro. Namun, Eduardo membawa Shakhtar menyamakan kedudukan menjadi 1-1 semenit sebelum babak pertama berakhir.

Sevilla “meledak” di babak kedua. Pada awal-awal paruh kedua pertandingan, Gameiro mencetak gol keduanya setelah melihat celah dalam pertahanan Shakhtar dan menerima umpan terobosan dari Vitolo. Lalu, pada menit ke-59, Mariano mencetak gol indah: melepaskan sepakan kaki kanan dari luar kotak penalti dan bola melengkung sebelum masuk ke arah tiang jauh.

Dengan demikian, Sevilla melaju ke final dengan agregat 5-3. Ini adalah final ketiga mereka dalam tiga musim terakhir. Jika di dua final sebelumnya mereka menghadapi Benfica dan Dnipro Dnipropetrovsk, kali ini Sevilla akan menghadapi Liverpool.

Sepanjang keikutsertaan di Liga Europa, Sevilla sudah lima kali lolos ke final, yakni pada 2006, 2007, 2014, 2015, dan 2016. Pada empat final sebelumnya, Sevilla selalu berhasil meraih trofi juara.

Sevilla kini juga menjadi pengoleksi gelar terbanyak untuk Liga Europa (yang dulunya bernama Piala UEFA) dengan empat trofi. Mereka unggul atas Juventus, Inter, dan Liverpool yang masing-masing mengoleksi 3 trofi.

Sama seperti Sevilla, Liverpool juga selalu berhasil meraih trofi juara tiap kali lolos ke partai puncak. Mereka selalu sukses meraih kemenangan dalam final pada tahun 1973, 1976, dan 2001.

Final antara Liverpool vs Sevilla akan dihelat di St Jakob-Park, Basel, 18 Mei 2016 **detik.com**

Comments

comments