Sriwijaya Imbangi Persib 1-1

0
211

Persib Bandung gagal mengamankan poin penuh pada laga pertama Indonesia Soccer Championship (ISC) A 2016. Persib ditahan imbang Sriwijaya FC 1-1 di Stadion Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Sabtu (30/4).

Gol Sriwijaya dicetak oleh Aberto Goncalves di menit akhir babak pertama. Sedangkan Persib baru bisa membalas di pengujung babak kedua lewat Tantang.

Pertandingan langsung berjalan terbuka dengan upaya Persib melakukan gebrakan, namun dalam 10 menit pertama, Sriwijaya selalu mampu menutup ruang permainan tuan rumah. Bahkan tak jarang tekel keras mewarnai awal-awal laga.

Di menit ke-14, Sriwijaya yang mulai aktif menyerang mendapatkan kans mencetak gol via tendangan bebas dari Achmad Jufriyanto (Jupe). Namun sepakan eks bek Persib itu masih melambung di atas gawang Persib yang dijaga I Made Wirawan.

Menit ke-18, Jupe mendapat kartu kuning karena aksi kerasnya menjegal gelandang anyar Persib Robertino Pugliara. Pertandingan berjalan monoton menjurus keras pada pertengahan babak pertama ini.

Terutama pola permainan tim tamu yang menerapkan pressing ketat. Imbasnya, striker Sriwijaya, Alberto Goncalves, mendapatkan kartu kuning akibat menabrak gelandang Persib, Kim Kurniawan pada menit ke-22.

Persib kembali membangun serangan dari bawah dimulai dari bek Vladimir Vojovic, pun selalu mentok di sektor tengah. Permainan dengan penjagaan ketat yang diterapkan pasukan Widodo Cahyono Putro ini benar-benar membuat kreativitas pemain Persib mati kutu.

Namun jelang akhir babak pertama, bek muda Persib, Yanto Basna, yang ikut membantu serangan membuat gerakan masuk dari belakang. Pemain asal Papua ini mendapat peluang di depan tiang gawang dekat, namun bola sepakannya melambung tinggi.

Menit ke-41, giliran pemain Persib, Vojovic mendapatkan kartu kuning karena melanggar gelandang lawan, Firman Utina. Persib akhirnya mampu membuka peluang bersih saat ujung bangunan serangan yang dieksekusi Atep nyaris masuk. Tapi sepakan cungkilnya tak menemui sasaran.

Tiba-tiba Sriwijaya mampu membuat gol lewat serangan kilat yang dibuka dengan aksi Supardi melalui sisi kiri pertahanan Persib. Di mulut gawang, Goncalves alias Beto mampu menjebol gawang I Made setelah menerima umpan Supardi.

Persib kembali mengambil inisiatif serangan namun masih sulit menembus tumpukan pemain Sriwijaya di lini tengah. Melihat banyak serangan pasukannya yang kram, pelatih Persib Dejan Antonic melakukan pergantian pemain.

Menit ke-57, David Laly masuk menggantikan kapten tim, Atep. Tiga menit berselang, Robertino Pugliara ditarik untuk digantikan oleh striker Tantan.

Namun masuknya dua penggawa lokal ini tak jua membuahkan hasil bagi Persib. Di sisi lain, pasukan dari Palembang kian rapi dalam menata pertahanan.

Antonic kembali merespons dengan memasukan tenaga segar. Kali ini gelandang muda, Febri, masuk menggantikan striker Samsul Arif pada menit ke-76.

Namun tak ada pertolongan yang bisa diberikan Febri bagi Maung Bandung. Permainan skuat juara Liga Super Indonesia 2014 dan Piala Jenderal Sudirman 2015 ini masih terlihat berantakan ditandai dengan banyaknya kesalahan umpan antarpemain.

Pada menit ke-85 Si Jalak Harupat bergemuruh, tapi bukan karena gol. Melainkan, eks pemain Persib, Eka Ramdani yang pernah dianggap membelot Pangeran Biru beberapa musim silam masuk ke lapangan. Ebol menggantikan sesama eks pemain Persib yang memperkuat Sriwijaya, Wildansyah.

Memasuki menit akhir laga, wasit cadangan mengangkat papan tambahan waktu dengan tulisan menunjukkan angka 4. Persib di ambang kekalahan sebelum akhirnya Tantan membukukan gol penyama kedudukan dua menit jelang laga berakhir.

Putra asli Bandung itu mampu memanfaatkan kemelut di depan gawang Sriwijaya yang dijaga Teja Paku Alam. Pertandingan berakhir dengan skor sama kuat 1-1.

Comments

comments