Juara Piala Indonesia Bisa Tampil di Piala AFC

0
127

PSSI sudah menetapkan bahwa Piala Indonesia 2018 bakal bergulir pada April hingga Desember mendatang. Nantinya, klub yang menjadi juara di Piala Indonesia direncanakan tampil di Piala AFC.

Regulasi Piala Indonesia juga bakal mengadopsi Piala FA di Inggris. Tim-tim dari Liga 1, Liga 2, Liga 3, dan Asosiasi Provinsi (Asprov) di seluruh Indonesia bakal ikut serta.

Plt Ketua Umum PSSI, Joko Driyono mengungkapkan keinginan untuk membawa juara Piala Indonesia ke Piala AFC. Hal itu bakal dikomunikasikan dengan federasi sepakbola Asia tersebut.

“PSSI mempunyai kepentingan untuk mendorong Piala Indonesia menjadi salah satu jalur pada AFC Cup. Tentu ini akan kami komunikasikan ke afc,” ujar Joko.

“PSSI punya waktu sampai dengan Oktober. Tapi niat dari PSSI seperti demikian layaknya negara-negara yang lain, memang FA Cup atau Piala Indonesia format yang kami jalankan menjadi opsi jalur AFC Cup,” sambungnya.

Saat ini, ada dua tim Indonesia yang sedang tampil pada Piala AFC 2018, yakni Persija Jakarta dan Bali United. Kedua tim tersebut lolos sebagai perwakilan teratas Liga 1 2017 dan sudah lolos syarat sebagai klub profesional sesuai standar AFC.

Piala Indonesia sendiri awalnya digelar pada 2005 silam. Sriwijaya FC menjadi kolektor trofi terbanyak turnamen itu dengan raihan tiga gelar juara, disusul dengan Arema yang menjadi kampium sebanyak dua kali.

Comments

comments